Pantai Papuma Jember

Pantai Papuma Jember.

 

  Indahnya eksotisme kealamian pantai di Indonesia menjadi faktor magnet destinasi wisatawan lokal maupun wisatawan asing dari berbagai mancanegara, salah satunya yakni Pantai Papuma yang memiliki penjabaran nama apik yang berarti Pasir Putih Malikan (Papuma) tepatnya terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa timur, Indonesia.

   Konon cerita alas sejarah dari Pantai Papuma ini merupakan tempat di mana Raden Mursada dan Mursaud (atau Marsudo dan Joko Samudera menurut versi cerita yang lain) memancing. Di atas batu itulah Marsudo atau Mursada tak sengaja memancing ikan ajaib Raja Mina yang kemudian ia lepaskan. Dan di situ pula kail Joko Samudera atau Mursaud tersangkut ular raksasa yang kemudian dibelah menjadi tiga bagian oleh Marsudo dengan cemeti pemberian Raja Mina.

   Menurut mitos yang dipercayai penduduk setempat, ada salah satu gua yang merupakan tempat bersemayam Dewi Sri Wulan, salah satu putri penguasa pantai selatan dan tempat Kyai Mataram bersemedi. 

   Dulu pada zaman penjajahan tentara Jepang hutan yang berada di sekitar pantai Papuma ini dijadikan sebagai markas pertahanan dan benteng pasukan negara dari Jepang ketika perang dengan Pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia. 

   Di Pantai Papuma terkadang dilakukan ritual larung sesajen. Persembahan sesajen ini merupakan tradisi yang diselenggarakan pada waktu-waktu tertentu. Biasanya warga sekitar ramai-ramai mendoakan sesajen tersebut sebelum dihanyutkan ke laut.

   Pantai Papuma merupakan bagian dari rangkaian yang tidak terputus pantai selatan Jawa. Sama seperti pantai selatan di daerah-daerah lain, pantai ini juga dikenal karena ombaknya yang ganas. Gulungan ombak berkekuatan tinggi Pantai Papuma dapat mencelakakan wisatawan yang nekat dengan berenang di bibir Pantai Papuma.

  Sudah banyak korban yang hanyut terseret ombak Pantai Papuma yang berbahaya. dari kejadian itulah pihak pengelola menempatkan beberapa papan pengumuman bagi pengunjung agar dilarang keras berenang di bibir pantai Papuma.

   Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan di waktu yang akan datang Pantai Papuma dapat dan mampu menjadi leader salah satu ikon andalan wisata Pantai khususnya Pantai berkelas dunia yang berada di Kabupaten jember.

Pantai Papuma tampak dari atas.

Salah satu bukit di Pantai Papuma.